Selasa, 09 Februari 2016

Cara Keluar Dari Google Sandbox

Penyebab dan ciri-ciri Sandbox

Google sandbox sejauh dari yang saya ketahui sebenarnya adalah istilah yang digunakan oleh praktisi seo untuk memudahkan dalam mengkategorikan berat ringan hukuman google terhadap suatu web / blog. Dalam dunia seo, kita mengenal beberapa istilah yang kesemuanya merupakan sanksi/pinalti yang di berikan oleh google.
sebut saja misalnya google dance, google sandbox,deindeks dan yang paling berat tentunya penghapusan. Perlu diketahui bahwa google sandbox bisa terjadi hanya di salah satu artikel dan bisa juga terjadi pada blog secara keseluruhan. Google sandbox bisa diakibatkan karena kesalahan dalam optimasi onpage ataupun offpage (link bulding) maka dari itu sebelum melakukan perbaikan blog, perlu diketahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab dari google sandbox, apakah itu karena kesalahan optimasi onpage atau kesalahan optimasi offpage atau mungkin keduanya.

Apakah blog / web situs anda terkena google sandbox? Untuk mengetahui jawabannya,
kenali terlebih dahulu ciri-ciri sandbox yaitu dengan cara dibawah ini :

Ciri-Ciri Sandbox


1. Cek artikel sobat dengan cara mengetikkan "site:urlartikel" di google search .


Jika artikel sobat masih muncul dengan cara di atas artinya artikel tersebut masih terdapat di indeks google namun jika tidak ditemukan artinya artikel tersebut bukan lagi sandbox melainkan sudah terkena hukuman yang lebih berat yaitu deindex.

2. Hilangnya posisi serp secara permanen


Jika sobat memiliki artikel yang tadinya mungkin berada di halaman pertama namun secara tiba-tiba hilang dari mesin pencari bahkan sampai kehalaman 10 pun tidak ditemukan.
Saya katakan hilang secara permanen karena ada juga sanksi lain yaitu google dance yang cirinya hampir sama dengan poin 2 ini namun yang membedakan adalah google dance hanya menyebabkan peringkat artikel terus berubah-ubah. Misalnya hari ini peringkat 1, 5 jam kemudian tiba-tiba hilang dan esok hari mucul kembali di peringkat 1 dan akan tetap seperti itu.

3. Artikel yang terkena sandbox 

biasanya akan menular ke artikel lain (ini terjadi jika sandbox akibat kesalahan linkbuilding)


Penyebab Sandbox


1. Konten tidak berkualitas
2. Konten yang melanggar kebijakan misalnya copy paste, menumpuk kata kunci (stuffing keyword)
3. Berlebihan dalam memberikan penekanan kata kunci berupa Bold, underline dan lain-lain<br>
4. Backlink buruk (backlink yang bersumber dari situs Jud*, Po*n* dan situs-situs lain yang di blacklist google
5. Over backlink (jumlah backlink yang berlebihan)
6. Kurangnya variasi anchor text ketika melakukan link building
7. Mengalirkan backlink ke halaman situs yang mengandung konten dewasa, perjud*an dan lain-lain.

Dari beberapa kasus sandbox, kesalahan dalam linkbuilding lebih sering menjadi penyebab dari sandbox dan hal inipun pernah saya alami ketika baru pertama

Cara Keluar Dari Google Sandbox


Untuk dapat keluar dari sandbox jujur saja bukan perkara mudah terlebih lagi jika karena kesalahan dalam linkbuilding namun tidak ada salahnya sobat mencoba beberapa langkah berikut ini.

1. Perbaiki konten yang menurut sobat tidak berkualitas 
2. Hapus Konten copypaste jika memang terdapat artikel hasil copypaste 
3. Periksa kualitas dan jumlah backlink di Google Webmaster Tools (GWT). jika terdapat backlink yang mencurigakan atau yang bersumber dari situs-situs yang sudah di blacklist google lakukan dissavow backlink atau untuk lebih efektifnya hapus saja artikel yang menerima backlink dari situs-situs tersebut

4. Hentikan link building untuk sementara waktu dan buatlah artikel  yang benar-benar fresh (unik kontent) secara konsisten 1-2 artikel / hari
Jika menurut sobat semuanya sudah dilakukan dari poin 1-4 lakukan fetch di GWT (hanya Homepage) dan submit ulang peta situs. Ini tujuannya  untuk memberitahukan kepada google bahwa sobat sudah melakukan pembaharuan di blog tersebut dan meminta bot google untuk mencrawl ulang
 blog tersebut.


Untuk cara melakukan fetc di GWT bisa sobat simak caranya di google. Selain cara-cara di atas, dalam beberapa kesempatan saya juga pernah membaca beberapa cara lain untuk keluar dari sandbox diantaranya yaitu:
1. Ganti template blog / web .
2. Ganti domain.
3. Membuat artikel tentang google sandbox.

Jujur saja secara pribadi saya tidak mengerti apakah ada kaitannya hukuman sandbox dengan template ataupun membuat artikel tentang sandbox,  sedangkan untuk mengganti domain mungkin salah satu tujuannya adalah mengalihkan power backlink atau hanya sekedar agar tampak terjadiperubahan. karena ketika melakukan pergantian domain dan dilakukan redirect dari alamat blog lama ke domain baru, otomatis pengaruh backlink juga ikut menuju domain baru tersebut.
Meskipun demikian, tidak ada salahnya sobat mencoba semua usaha termasuk 3 cara terakhir tersebut dan semoga berhasil.
semoga bermanfa'at.


Semoga artikel Cara Keluar Dari Google Sandbox bermanfaat bagi Anda. Jika kamu suka dengan artikel Cara Keluar Dari Google Sandbox ini, like dan bagikan ketemanmu.

Posting Komentar

theyummymummyproject - All Right Reserved.Powered Edit by : cincin kawin